Aplikasi Laporan Keuangan: Inovasi Keterampilan Multimedia Siswa

By. Admin Humas in Madrasah

Card image cap
Paser (Madrasah) - Kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran Ekonomi di kelas XII untuk materi Akuntansi Perusahaan Jasa adalah materi pelajaran yang tergolong sulit menurut siswa-siswi kelas XII IPS MAN Insan Cendekia Paser. Anggapan sulit yang sudah tertanam itu menjadi salah satu hambatan agar siswa bisa menyerap materi pelajaran dengan baik. Karena itu sebagai guru harus kreatif agar asumsi awal siswa tentang Akuntansi Jasa adalah pelajaran yang sulit dapat dihapuskan. Sebagai guru harus pandai mencari metode dan media pembelajaran yang menarik minat belajar siswa.

Pembelajaran menggunakan media yang berbasis teknologi adalah media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Apalagi jika menggunakan laptop dalam pembelajaran. Siswa bahkan mampu bertahan berjam-jam menghadapi layar komputer atau laptop. Karena hal itulah Guru Ekonomi MAN Insan Cendekia Paser Anisaurrohmah, S.Pd., M.E memiliki ide untuk menyampaikan materi Akuntansi Jasa menggunakan komputer.

Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi laporan keuangan dengan mengikuti siklus akuntansi. Jadi aplikasi dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel dengan modifikasi rumus-rumus sederhana. Dimulai dari pembuatan soal transaksi, jurnal umum, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, kertas kerja dan laporan keuangan. Sehingga nantinya dengan aplikasi ini akan mempermudah pembuatan laporan keuangan apalagi dalam transaksi jika terdapat akun-akun yang berulang kali muncul. Melalui aplikasi yang dibuat ini akan mempermudah, hanya menyelesaikan jurnal umum dan jurnal penyesuaian saja maka buku besar, neraca saldo, kertas kerja dan laporan keuangan secara otomatis sudah selesai dibuat.

Kegiatan pembelajaran Ekonomi pada materi Akuntansi Jasa dengan menggunakan media pembelajaran laptop atau komputer dengan memanfaatkan Microsoft Excel dalam membuat laporan keuangan membuat siswa betah belama-lama belajar akuntansi. Mereka bahkan merasa waktu pelajaran berjalan cepat sehingga tidak terasa jam pelajaran berakhir.

Kegiatan pembelajaran seperti ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam pembuatan laporan keuangan dan multimedia. Sehingga kelak ilmu ini bisa diterapkan kedalam berbagai hal untuk membuat aplikasi serupa. (au)
Kembali